108 Mahasiswa STKIP Andi Matappa Ikuti KKNT Covid-19 Literasi dan Numerasi

Pangkajene – STKIP ANdi Matappa melepas 108 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN Tematik) Covid-19 Literasi dan Numerasi periode Agustus-Oktober 2020 dilakukan secara luring dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan secara daring melalui aplikasi Zoom, Jum’at (28/8).

Wakil Ketua II  Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Akademik Ibu A. Aztri Fithrayani Alam, S.H, S.Pd, M.H menjelaskan KKN Tematik merupakan upaya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud dalam penanganan Covid-19 melalui program relawan Covid-19 Nasional (Recon). KKN Tematik ini sebagai implementasi Tridharma perguruan tinggi melalui kebijakan Kampus Merdeka, Merdeka Belajar.

Ditjen Dikti Kemendikbud dalam hal ini berkolaborasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI), Forum Pengurangan Resiko Bencana Perguruan Tinggi, Pemda dan dengan dukungan dari Perguruan Tinggi khususnya STKIP Andi Matappa dan berbagai pihak.

Adapun STKIP Andi Matappa telah menerima sosialisasi dalam kurun waktu dua hari dan sebanyak 108 mahasiswa akan menjalani KKN Tematik terbagi menjadi 10 kelompok dengan didampingi 10 Dosen Pendamping Lapangan (DPL) KKN Tematik

A. Aztri Fithrayani Alam, S.H, S.Pd, M.H menyebut mahasiswa telah mendaftar dan terverifikasi mengikuti kegiatan KKN Tematik ini yang tersebar di wilayah Indonesia asal domisili. Adapun KKN Tematik ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi perguruan tinggi, pemerintah dan stakeholders dalam upaya penanganan Covid-19. Khususnya, untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran tentang Adaptasi Kebiasaan Baru untuk masyarakat.

”KKN Tematik ini diharapkan dapat mendorong kontribusi konkret mahasiswa sebagai  agent of change  untuk mewujudkan masyarakat yang aman dan produktif dalam menghadapi pandemi. Literasi dan Numerasi diharapkan mahasiswa dapat membantu pembelajaran siswa SD di domisili masing-masing. Program ini mahasiswa memilih KKNT Covid-19 Literasi dan Numerasi secara daring, luring dan perpaduan daring dan luring,” paparnya.

A. Aztri Fithrayani Alam, S.H, S.Pd, M.H juga menyampaikan bahwa  STKIP Andi Matappa harus mengambil pilihan untuk menjadi bagian dari upaya bangsa ini melawan Covid-19. STKIP Andi Matappa juga siap mengikuti KKN Tematik Covid-19.

”Satu hal yang penting, mahasiswa mampu memberikan literasi terhadap Covid-19 secara baik. Mampu menyadarkan masyarakat lebih disiplin tentang kesehatan dengan protokol kesehatan. Mahasiswa STKIP Andi Matappa yang berasal dari pendidikan akan membantu peran serta orang tua dalam mendidik anaknya dalam belajar,” lanjut A. Aztri Fithrayani Alam, S.H, S.Pd, M.H.

Waktu pelaksanaan KKN Tematik STKIP Andi Matappa ini dilakukan selama dua bulan mulai tanggal 28 Agustus-16 Oktober 2020 dengan pelaporan melalui Web Recon Kemdikbud . Lalu dilanjutkan dengan Pelaporan dan Seminar Sharing dilaksanakan minggu 4 September 2020.